Spesifikasi Motor KTM yang Antarkan Miguel Oliveira Juara di MotoGP Mandalika – Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira, jadi pebalap pertama di kelas MotoGP yang sukses menaklukkan Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3).

Meski balapan tersebut berjalan didalam situasi basah, Miguel Oliveira sukses lewat garis finis berkat tunggangannya, KTM RC16.

Memasuki musim baru, Red Bull KTM Factory Racing mengeklaim motor mereka tidak mengalami perubahan yang sangat penting berasal dari tahun sebelumnya. Hanya tersedia perubahan pada sektor aerodinamis saja.

Lantas, bagaimana spesifikasi berasal dari KTM RC16 tunggangan Miguel Oliveira yang sukses menaklukkan Sirkuit Mandalika yang basah itu? Berikut kumparanOTO sajikan spesifikasinya.

Spesifikasi KTM RC16


Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira, jadi pebalap pertama di kelas MotoGP yang sukses menaklukkan Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3).

Meski balapan tersebut berjalan didalam situasi basah, Miguel Oliveira sukses lewat garis finis berkat tunggangannya, KTM RC16.

Memasuki musim baru, Red Bull KTM Factory Racing mengeklaim motor mereka tidak mengalami perubahan yang sangat penting berasal dari tahun sebelumnya. Hanya tersedia perubahan pada sektor aerodinamis saja.

Lantas, bagaimana spesifikasi berasal dari KTM RC16 tunggangan Miguel Oliveira yang sukses menaklukkan Sirkuit Mandalika yang basah itu? Berikut kumparanOTO sajikan spesifikasinya.

KTM RC16 ditopang oleh rangka sasis baja bersama konstruksi karbon fiber pada bagian swing arm-nya. Sementara itu, suspensi depan mengfungsikan upside down namun belakangnya monoshock yang dipasok oleh WP Suspension.

Berlanjut di bagian kaki-kaki, kedua ban depan dan belakang mengfungsikan ban Michelin berukuran 17 inci bersama velg 7 palang magnesium.


Lalu, pada pengereman disempurnakan bersama Brembo dual cakram berukuran 320/340 mm bersama empat kaliper. Sementara bagian belakangnya mengfungsikan Brembo single cakram double kaliper.

Rangka tersebut menggendong mesin 4-silinder bersama konfigurasi mesin berwujud V dan berkapasitas 1.000 cc. Mesin itu diklaim dapat memuntahkan tenaga lebih berasal dari 265 dk pada 18.500 rpm.

Baca juga: Harga Motor NSR 150 Mencapai Ratusan Juta, Ini Spesifikasinya

Berdasarkan web resmi KTM, RC16 sukses dibawa lari oleh Brand Binder dan mencetak rekor didalam 362,4 km/jam pada tahun 2021 lalu.

Bicara kapasitas tangki, KTM RC16 dapat menenggak bahan bakar sampai 22 liter. Sementara sistem pembuangan berasal dari pembakarannya mengfungsikan knalpot besutan Akrapovic.

Pada sektor elektronik, KTM RC16 dibekali bersama ECU besutan Magneti Marelli. Pada sistem itu terkandung fitur-fitur layaknya Drive-by-Wire, Engine Braking, Quickshifter, Traction Control, Wheelie Control, Pit Lane Limiter, dan Launch Control.

Secara keseluruhan, KTM RC16 punya berat keseluruhan hanya 157 kg saja. Berat itu termasuk telah cocok bersama regulasi yang ditetapkan oleh FIM.