REVIEW Motor Yamaha MT-09

REVIEW Motor Yamaha MT-09

 

Bersamaan dengan kehadiran MT-07, Merk Yamaha jua merilis MT-09 baru pada Tanah Air. Pajangan baru pada etalase CBU Yamaha Indonesia ini sekaligus menggantikan unit lawas yg rilis 2015 silam. poly ubahan yang dilakukan.

Tapi yg jadi pertanyaan artinya soal kenaikan harga yang signifikan. Generasi anyar dibanderol Rp 290 juta atau berselisih Rp 40 juta dari MT-09 terdahulu. Lantas, apa saja perubahan yang dibawanya?

Secara kasat mata, diferensiasi kentara di bagian wajah. Desain lampu depan didesain lebih minimalis. tetapi, justru memperkuat karakter terbaru motor yamaha. Ditambah lagi sematan empat buah lampu LED buat sistem penerangan primer.

Diklaim pihak pembuat, bentuk ini terinspirasi asal Yamaha MT-10, selaku pemilik tingkatan paling atas naked bike Yamaha. Pembeda lain juga terlihat asal bentuk lampu sein. Bukan lagi bersanding mengapit lampu depan, melainkan telah bersarang di area di sebelah radiator. pada sekitarnya pun kini terdapat pelindung (cover) buat sistem pendinginnya itu.

Mesin

Penggunaan jantung mekanik 3-silinder berteknologi crossplane crankshaft tetap sebagai andalan. Logis karena inilah yg digadangnya sebagai nilai jual, Karena diadopsi berasal teknologi tunggangan Yamaha pada arena MotoGP. Konstruksi crossplane pada MT-09 mempunyai jarak crank pin 120 derajat.

Dengan kubikasi 847 cc disertai racikan diameter x langkah piston: 78,0 x 59,1 mm serta rasio kompresi 11.5:1, tenaga serta torsi dicapainya merupakan 113,4 Hp/10.000 rpm dan 87,lima Nm/8.500 rpm.

Fitur

Kinerja mode mengendarai model Motor Yamaha MT-09 jua diselaraskan melalui pengaplikasian sistem kontrol throttle bernama yamaha Chip Controlled Throttle. Secara umum , serupa teknologi Throttle by Wire, bertujuan menerima bukaan gas dan hasil menjadi lebih presisi.

Sistem tadi kemudian bersanding juga menggunakan quick shifter. menggunakan begitu, penunggang dapat melakukan perpindahan gigi tanpa harus menekan tuas kopling.

Suspensi

Optimasi Motor Yamaha terbaru 2022 tipe MT-09 pun terwujud, Karena disokong kaki-kaki upside down (USD) 41 mm dengan travel 137 mm. Peredam kejut depan ini jua dapat disetel. Kinerjanya lantas dipadu oleh suspensi belakang tunggal (monochock) menggunakan jarak main 130 mm.

Tidak sampai di situ, naked bike asal Jepang pun telah membekali dirinya dengan fitur Traction Control System (TCS) serta Antilock Braking System (ABS). ke 2 pendukung keselamatan berkendara ini juga punya taraf pengaturan.

Aftersales

Serupa menggunakan sang saudara termuda, MT-09 dipasarkan melalui jaringan CBU Yamaha di seluruh Indonesia. Setiap pembeli big bike Yamaha juga menerima layanan khusus. Mulai dari layanan after sales emergency 24 jam melalui Yamaha Executive Service (YES24).

Kemudian layanan darurat mirip derek (towing), pengantaran bahan bakar (fuel delivery), pengecasan aki (battery charger), penanganan ban kempes (handling flat tire), 24 hours call center (call center 24 jam). pada dasarnya, pemilik CBU Yamaha tidak perlu risi Bila terdapat kendala di perjalanan.