Pengertian Karbu Motor dan Fungsinya – Karburato atau biasa disebut karbu adalah salah satu komponen yang ada pada mesin motor keluaran lama. Karbu digunakan untuk mencampur bahan bakar menjadi energi.

Karbu adalah komponen yang biasanya terdapat pada kendaraan bermotor yang memiliki fungsi sebagai karburasi bensin ke dalam hembusan udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Tujuan dari karbu ini adalah agar molekul bensin bisa tersebar secara merata lewat udara.

Namun, seiring bertambahnya zaman dan teknologi membuat karbu ditinggalkan dan para produsen motor lebih memilih menggunakan mesin injeksi. Alasannya, bursamoge mesin injeksi lebih efisien saat proses pembakaran.

Komponen Karbu Motor dan Fungsinya

Sama seperti komponen pada kendaraan bermotor lainnya, karbu juga memiliki komponen penyusunnya. Dikutip dari laman Autoexpose.org, berikut beberapa komponen yang terdapat dalam karbu.

1. Jarum pelampung

Jarum pelampung berfungsi sebagai penyalur bensin. Bentuknya lancip seperti katup yang menekan sebuah lubang. Jadi, jika lubang ini tertekan katup, otomatis suplai bensin akan berhenti oleh jarum pelampung ini. Alat ini berfungsi untuk mengatur volume di dalam ruang pelampung agar tidak berlebihan, sehingga campuran yang keluar menuju intake manifold bisa berlangsung normal.

2. Pelampung

Terbuat dari plastik ringan yang mengambang pada zat cair khususnya bensin. Pelampung akan menggerakkan ujung jarum pelampung agar tertutup. Pelampung bekerja ketika volume bensin di ruang pelampung meningkat, otomatis pelampung juga semakin naik. Kenaikan pelampung akan menggerakkan jarum pelampung sehingga menutup aliran bensin. Ini akan membuat suplai bensin terhenti hingga volume bensin di ruang pelampung berkurang.

3. Main Jet

Yang ketiga yaitu main jet. Fungsi utamanya untuk menghubungkan bensin di dalam ruang pelampung ke dalam venturi di tengah saluran udara ke intake. Bensin akan tersuplai ke luar.

4. Needle Jet

Yang keempat, needle jet ini memiliki fungsi sebagai pengatur volume bensin yang keluar dari main jet.

Jarum ini digerakkan oleh skep atau katup gas, di mana gerakan naik turun skep akan menggerakkan needle jet untuk bergerak naik turun. Bentuknya sendiri tirus dengan ujung lancip. Gerakan naik turun needle jet akan mempengaruhi besar kecilnya ujung saluran main jet.

5. Skep/Katup Gas

Yang kelima ini bentuknya sendiri berbentuk tabung yang bergerak naik turun. Pergerakan naik turunnya ini membuat diameter venturi bervariasi, itulah sebabnya karburator pada motor masuk ke dalam tipe Variable Ventury kecepatan konstan.

Pada saat posisi skep berada di bawah, maka aliran udara terhambat, sehingga menyebabkan RPM mesin menjadi rendah.

Baca juga: Spesifikasi Moge Bekas Patwal Yamaha FJR 1300 yang Dilelang Rp 24 Jutaan

6. Pegas katup gas

Yang keenam, pegas katup gas ini terletak pada bagian atas karbu. Fungsinya sendiri sebagai menjaga katup tetap tertutup ketika kita tidak menarik pedal gas dan membalikkan posisi katup ketika kita melakukan deselerasi.

7. Pilot Jet

Yang ketujuh, pilot jet ini adalah saluran yang menghubungkan bensin pada ruang pelampung dengan ruang setelah katup gas yang sebelum intake manifold. fungsinya sendiri yaitu untuk mengalirkan bensin ketika mesin bekerja pada idle RPM.

8. Air Pilot

Untuk air pilot ini bentuknya memanjang dari ruang sebelum katup gas menuju ruang setelah katup gas.

9. Choke Valve

Untuk komponen ini memiliki fungsi sebagai memperkecil volume udara yang mask ke mesin agar isapan mesin terangkat oleh bahan bakar.

10. Mangkuk karburator

Na, untuk yang ini memiliki fungsi menampung bensin yang akan disuplai ke venturi. Selain itu, mangkuk karbu ini juga dijadikan cover pelindung komponen karbu.

11. Sekrup penyetel

Nah untuk yang terakhir sekrup sendiri memilki dua buah sekrup yang berbeda. Yang pertama sekrup pengatur udara pilot jet.