Review Motor Yamaha YZF-R1M, Motor Gede Masa Kini

By userbursamoge No comments

Yamaha YZF-R1M merupakan salah satu motor sport jalan raya yang paling buas yang berada di keluarga Yamaha. Harganya mencapai Rp 812 jutaan.

Hal ini mencerminkan kemampuan yang motor ini punya. Dan itu merupakan mesin bertenaga yang lebih besar dibandingkan dengan Honda Civic Turbo.

Bobot motor ini kurang dari 200 kg serta proses engineering nya rumit yang terinspirasi dari motor yang turun di ajang MotoGP. Semua itu pasti membuat pemiliknya bangga lahir batin.

 

Fitur Motor Yamaha YZF-R1M

Motor ini merupakan motor yang unik yang menjadi penegasan, sehingga pembuatnya tidak main – main saat mendesain.

Motor ini juga dibuat untuk memuaskan adrenalin, banyak fitur canggih yang dipasang. Selain komputer untuk membantu pengendalian, ada pula paket teknologi lain seperti LIF atau Lift Control System.

Inilah salah satu hal yang mengendalikan motor saat berakselerasi. LIF juga mencegah efek wheelie atau roda depan terangkat terlalu berlebihan tanpa memutus habis tenaga ke roda belakang.

Bukan berarti tidak bisa wheelie, hanya saja lebih terkendali. Caranya adalah dengan mengatur ulang bukaan throttle atau mengaplikasikan rem dan membuat akselerasi lebih aman serta bisa dinikmati maksimal.

LIF, bersama dengan kendali traksi, Quick Shift System (membantu perpindahan gigi), dan Launch Control bisa diatur dari Yamaha Control System yang kendali terletak di stang.

Informasinya bisa dilihat di instrument digital. Yamaha Control System juga memudahkan pengendara untuk mengatur tekanan ABS di rem, menyesuaikan kekerasan suspense dan sebagainya.

 

Desain Motor Yamaha YZF-R1M

Desain Motor Yamaha YZF-R1M

Fitrah sebagai motor sport membuat bentuknya terlihat aerodinamis, dari sudut manapun dilihatnya.

Yamaha sendiri membuat unsur aerodinamis itu menjadi sesuatu yang terlihat gahar. Contohnya, posisi sepasang lampu utama yang mengapit saluran intake.

Jangan lupakan pula spion dengan lampu sein yang tertanam di dalamnya. Warna emas suspense upside down buatan Ohlins yang terekspos juga menambah kesan mahal dan gahar.

Sepasang velg 17 inci dibuat dari bahan magnesium yang ringan. Belum lagi bannya yang lebar. Desain cober tangku dibuat untuk mengakomodir pengendaraan yang mudah.

Walaupun terlihat besar, namun tangki sesungguhnya hanya menampung 17 liter. Tinggi jok 86 cm dari tanah, lumayan tinggi walaupun masih cukup menjanjikan untuk rider Asia.

Posisi duduk yang dibonceng juga terbilang tinggi, khas motor sport.

Dimensi panjang R1M 2,055 mm. kalau boleh membandingkan dengan motor kopling mainstream seperti Yamaha MT25, panjang R1M malah 35 mm lebih pendek.

 

Mesin dan Konsumsi Motor Yamaha YZF-R1M

Mesin dan Konsumsi Motor Yamaha YZF-R1M

Mesin motor ini memiliki konfigurasi empat silinder DOHC dengan empat katup per silinder. Untuk menjaga suhu kerja, Yamaha memasangkan radiator dengan kipas pendingin.

Tenaga maksimal yang dikeluarkan 200 pc, plus torsi 112,4 Nm. Bahan pembentuk mesin juga beragam demi menekan bobot dan juga menambah performa.

Contohnya adalah piston yang dibuat dari alumunium dan con rod magnesium. Salah satu yang membatnya bertenaga adalah rasio kompresi yang luar biasa tinggi yaitu 13:1.

Jarang sekali ada motor dengan kompresi sebesar ini. Supply bahan bakarnya dijamin oleh injector elektronik yang juga dikendalikan oleh komputer (ECU).

Penyalur daya ke roda belakang via rantai, transmisi 6 speed manual, dengan kopling basah atau wet clutch.

Sebuah pilihan yang tepat mengingat besaran tenaga mesin yang luar biasa. Sedangkan untuk menahan laju, ada rem cakram di roda belakang dan depan dengan ukuran masing – masin 220 mm dan 310 mm.

 

Itulah review lengkap dari Motor Yamaha YZF-R1M. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply